Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual

Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual

Banyak sekali wanita yang merasakan rasa sakit ketika berhubungan seks. Maka dari itu sangat penting bagi anda semua Mengetahui Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual bagi para wanita. Terkadang rasa sakit yang dirasakan bisa menyebabkan terganggunya aktivitas berhubungan intim yang sedang anda lakukan bersama dengan suami anda.

Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual

Rasa sakit saat berhubungan seks seringkali hanya bersifat sementara dan dapat diobati. Namun itu bisa membuat siapa saja merasa khawatir, apalagi jika ia tidak pernah mengalami hal ini sebelumnya.

“Menurut the American Congress of Obstetricians and Gynecologists, sekitar 75% wanita pasti pernah mengalami nyeri saat berhubungan seks pada suatu masa dalam kehidupannya. Dengan mengatasi penyebab timbulnya nyeri ini, maka hubungan seks Anda bersama pasangan pun akan kembali terasa menyenangkan.”

 

Rasa sakit saat berhubungan seks dalam bahasa medisnya Dispareunia merupakan istilah teknis yang digunakan untuk menjelaskan rasa sakit saat beerhubungan, baik itu yang berkaitan dengan faktor psikis atau fisik.

Penyebab sakit saat berhubungan seksual

Perlu diketahui, ada banyak penyebab sakit saat berhubungan seksual. Bisa saja rasa sakit yang ditimbulkan saat melakukan hubungan seksual itu merupakan pertanda adanya masalah kesehatan pada diri anda. Mencari tau penyebab yang menimbulkan rsa sakit saat berhubungan seks merupakan salah satu cara yang sudah tepat supaya rasa sakit tersebut bisa teratasi dengan mudah dan cepat.

Nah, bila Anda termasuk salah satu perempuan yang kerap merasa sakit saat berhubungan seksual, bahkan hingga mengganggu kenikmatan, Di bawah ini ada beberapa penyebab timbulnya nyeri saat berhubungan seks dan bagaimana cara mengatasinya :

  • Vagina kering

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya kekeringan pada vagina Vagina yang kering bisa misalnya seperti yang disebabkan karena stress, gangguan cemas atau berbagai jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan membran mukosa menjadi kering.

Selain itu vagina yang kering bisa disebabkan oleh penurunan kadar hormonestrogen setelah melahirkan, selama menyusui, atau saat seorang wanita memasuki masa perimenopause dan menopause.

Cara untuk mengatasinya, gunakanlah pelumas yang beebahan dasar silikon hingga kadar stress yang anda alami berkurang atau hingga kadar hormon estrogen anda kembali menjadi normal. Akan tetapi bila disebabkan oleh menopause, maka penurunan kadar hormon akan bersifat menetap.

  • Adanya Iritasi Pada Daerah Perineum

Iritasi Pada Daerah Perineum bisa disebabkan karena proses melahirkan, Perineum merupakan suatu area kulit yang terletak di antara vulva (vagina) dan anus (dubur).

Saat melahirkan, kadangkala dokter akan melakukan pemotongan pada area perineum yang sensitif untuk memudahkan kepala bayin keluar (episiotomi). Hal ini untuk mencegah terjadinya robekan yang tidak teratur pada bagian Perineum yang mungkin bisa mencapai anus. Daerah Perineum merupakan area yang sangatsensitif karena mengandung banyak saraf.

Sebagian besar wanita yang pernah mengalami episiotomi akan sembuh dengan sempurna, namun beberapa orang wanita akan tetap merasakan rasa sakit saat melakukan hubungan seks, bahkan setelah dokter kandungannya sudah menjanjikan untuk kembali berhubungan seks dengan suami anda.

Jika rasa sakit yang terus terjadi, maka jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan anda. Kemungkinan besar dokter akan melakukan perbaikan episiotomi melalui tindakan pembedahan.

  • Adanya Iritasi Pada Vagina

iritasi pada vagina mungkin saja terjadi karena penggunaan berbagai produk pembersih kewanitaan. Hal ini karena produk pembersih tersebut mengandung pewarn, pewangi, dan berbagai jenis zat kimia lainnya yang bisa menyebabkan terjadinyavaginitis, peradangan pada kulit di sekitar vagina.

Jika hal ini terjadi pada anda, Untuk mempercepat proses penyembuhannya, jangan gunakan pembersih apapun pada daerah kewanitaan anda selama 1-2 hari hingga iritasi mereda atau tidak terasas sakit lagi. Setelah itu, gantilah berbagai produk pembersih Anda dengan berbagai produk lain yang tidak mengandung zat kimia. Karena pembersih yang mengandung bahan kimia sangat tidak baik untuk digunakan pada daerah kewanitaan.

  • Vagina Anda Kram

Terjadinya kram pada vagina bisa dikenal dengan nama vaginismus yang bisa membuat penetrasi penis ke dalam vagina menjadi sangat menyakitkan bagi sang wanita atau bahkan tidak mungkin sama sekali karena vagina anda tertutup rapat.

Vaginismus ditandai dengan nyeri dan kontraksi yang tidak disadari dari otot-otot vagina. Hingga saat ini para ahli masih tidak atau belum mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya vaginismus ini, akan tetapi mereka menduga bahwa hal ini mungkin disebabkan karena adanya trauma pada masa lalu, seperti pernah mengalami kekerasan seksual.

Cara Untuk mengatasinya, pastikan Anda memberitahu dokter Anda, bahwa Anda menderita vaginismus karena bila tidak dokter Anda mungkin hanya akan menganggapnya sebagai gangguan cemas atau akibat stress.

  • Adanya Suatu Benjolan Pada Liang Vagina

Adanya benjolan pada daerah vagina bisa disebabkan karena adanya suatu mioma (tumor jinak rahim). Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan bahwa para wanita yang memiliki mioma memiliki resiko 3 kali lipat lebih tinggi untuk mengalami nyeri saat berhubungan seksual dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki mioma.

Kadangkala, mioma akan mengecil atau menghilang dengan sendirinya. Apabila mereka tidak menimbulkan komplikasi apapun, maka para dokter biasanya tidak akan melakukan tindakan apapun. Namun jika mioma menimbulkan gangguan pada kesehatan atau kehidupan seks Anda, maka dokter bisa melakukan tindakan pengangkatan mioma Anda melalui tindakan pembedahan.

Itulah informasi Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual dengan suami anda. Semoga saja informasi ini bisa membuat hubungan seksual anda menjadi lebih nyaman lagi.

SEMOGA BERMANFAAT

Cara Supaya Tidak Merasakan Sakit Saat Berhubungan Seksual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *